Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021 ~ Garenggati

Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021 - Semangat pagi!! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Jika belakangan ini ada diantara para pembaca Garenggati yang mungkin sedang mencari informasi mengenai "Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021?" serta belum menemukan jawabannya. Maka keputusan Anda mampir di situs ini sangatlah tepat, sebab kita memang akan mengulasnya.

Mungkin banyak diluaran sana situs lain yang juga membahas tentang Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021 akan tetapi kenapa Anda memilih untuk mampir ke situs ini tentu bukan tanpa alasan bukan? Yang jelas kami ucapkan selamat datang untuk sobat pembaca semuanya. Baiklah tanpa berpanjang kata lagi yuk langsung disimak saja ulasanya dibawah ini:

Pembahasan Lengkap Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021

Dalam dunia perkantoran di lingkungan industri, instansi pemerintahan maupun pendidikan, kegiatan surat menyurat merupakan hal yang sangat penting.  Untuk mempermudah penglolaan dan administrasi surat menyurat ini Anda bisa download aplikasi surat menyurat berbasis web gratis.

Dengan adanya aplikasi ini Anda akan lebih mudah dalam mengelola data surat yang masuk dan keluar, data laporan, data disposisi, serta berbagai macam keperluan administrasi lainnya.

Apa itu Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web?

Apa-itu-Aplikasi-Surat-Menyurat-Berbasis-Web

Dalam kegiatan surat menyurat terdapat disposisi surat yang masuk dan keluar dengan jenis maupun asal yang berbeda-beda.  Jika pengelolaan dilakukan secara manual maka akan sangat menyita waktu karena data yang diinput tidak bisa dilakukan secara otomatis.

Sebagai solusinya, maka dibuatlah aplikasi surat menyurat berbasis web yang telah dilengkapi dengan beragam fitur untuk memudahkan kegiatan surat menyurat dengan kinerja yang aman dan terpusat.  Dengan aplikasi ini maka pembuatan dan pendistribusian surat akan lebih mudah dan terkontrol.

Mengapa Aplikasi Surat Menyurat Penting untuk Perkantoran?

Mengapa-Aplikasi-Surat-Menyurat-Penting-untuk-Perkantoran

Aplikasi surat menyurat berbasis web sangat penting dan dibutuhkan untuk perkantoran.  Hal ini tidak terlepas dari fungsinya yang membantu memudahkan serta mengelola segala macam kegiatan yang berhubungan dengan surat menyurat dan kegiatan administrasi lainnya.

Aplikasi ini akan secara otomatis mencatat semua data surat yang masuk maupun keluar dan bisa memberikan laporan secara berkala sehingga pengarsipan kantor lebih sistematis dan teratur.  Selain itu fitur penomoran otomatis akan menghindarkan terjadinya kesalahan dalam penomoran surat.

Dengan adanya aplikasi surat menyurat berbasis web ini, data akan tersimpan secara otomatis sehingga aman dan tidak perlu khawatir data akan hilang.  Selain itu, konsep pembuatan surat dan rancangannya juga bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi.

Manfaat dan Fungsi Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web

Manfaat-dan-Fungsi-Aplikasi-Surat-Menyurat-Berbasis-Web

Sesuai dengan konsep aplikasi yang memberikan kemudahan dalam kegiatan surat menyurat, berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi aplikasi surat menyurat berbasis web:

  • Memudahkan pencarian surat sehingga lebih mudah untuk ditemukan.
  • Laporan data surat menyurat lebih akurat dan sistematis.
  • Memudahkan pendistribusian surat baik di internal kantor maupun keluar melalui aplikasi.
  • Data surat menyurat terpusat dan tersimpan secara aman di aplikasi.
  • Data surat menyurat lebih mudah untuk dipantau.

Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021

Aplikasi surat menyurat perkantoran gratis merupakan solusi terbaik bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan administrasi secara praktis dan efisien.  Saat ini pun sudah tersedia beragam aplikasi surat menyurat berbasis web yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa aplikasi surat menyurat berbasis web yang bisa Anda gunakan:

1. Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web SIPAS

Aplikasi-Surat-Menyurat-Berbasis-Web-SIPAS

SIPAS merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Arsip Surat.  Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan data base MySQL.  Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini cukup lengkap, salah satunya adalah Disposisi Surat.

Aplikasi berbasis web ini menggunakan server localhost XAMMP atau bisa juga instal secara online di web hosting.  Dengan fitur yang tersedia maka aplikasi ini sangat cocok untuk membantu pengelolaan arsip surat menyurat di instansi pemerintahan maupun industri.

Saat ini sudah tersedia aplikasi surat menyurat berbasis web gratis SIPAS terbaru versi 2 yang terdiri dari beberapa konten manajemen seperti berikut ini:

  • Multi user yang terdiri dari 2 hak akses, yaitu sebagai Super Admin dan Admin Unit Kerja.
  • Master unit kerja atau bagian.
  • Master Set up instansi dan user.
  • Pengelolaan arsip surat masuk.
  • Pengelolaan arsip surat keluar.
  • Riwayat disposisi arsip surat yang masuk pada SIPAS.
  • Laporan arsip surat menyurat secara dinamis.
  • Laporan dalam bentuk export to excel serta print PDF
  • Backup databse.

Keunggulan aplikasi surat menyurat SIPAS:

  • Aplikasi ini sangat mudah digunakan, baik melalui web maupun aplikasi.
  • Memudahkan pendistribusian surat yang keluar secara lebih efektif dan efisien.
  • Penyimpanan data dilakukan secara otomatis dan terpusat sehingga aman.
  • Memiliki fitur penomoran otomatis dan membuat rancangan surat di aplikasi.
  • Adanya laporan data secara berkala dalam bentuk grafik dan tabel.
  • Pencatatan surat yang masuk dilengkapi dengan atribut surat, upload dokumen hingga tujuan penerima.
  • Terdapat rincian alur pendistribusian surat dan riwayat perjalanan surat.
  • Pencatatan surat yang keluar berserta atribut surat dan uplaod dokumen.

Link download untuk aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi situsnya di:  https://www.sipas.id/sipas-aplikasi-surat-menyurat-perkantoran

Setelah download berhasil, Anda bisa mencoba demo page gratis versi 2 dengan cara login terlebih dahulu.

Untuk Superadmin silahkan gunakan username:  superadmin dan password: 123.  Sedangkan untuk Admin bagian gunakan username: (lihat di menu user) dan password:  123.

Jika loading pada halaman awal mengalami kendala atau buffering, sebaiknya Anda berhenti dan melakukan reload atau refresh kembali.

2. Aplikasi Surat Menyurat dengan PHP dan MySQLi

Aplikasi-Surat-Menyurat-dengan-PHP-dan-MySQLi

Aplikasi surat menyurat berbasis web ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis (versi lama) dan berbayar (versi terbaru).  Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP sementara penulisan kodenya menggunakan style prosedural agar lebih simpel dan mudah.

Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti berikut ini:

  • Membuat serta mencetak disposisi surat masuk, buku agenda surat masuk dan keluar berdasarkan tanggal tertentu.
  • Upload lampiran pada file surat, baik berupa scan gambar (JPG atau PNG) serta file dokumen (doc,docx, dan pdf).
  • Upload kode klasifikasi surat berupa file Excel format CSV.
  • Galeri file lampiran yang sudah diupload ke aplikasi.
  • Pencarian data surat yang masuk dan keluar.
  • Penggantian logo dan data instansi bisa diganti dengan mudah.
  • Multi user, yaitu petugas disposisi dan administrator.
  • Edit profil serta password user.
  • Backup serta restore database.

Untuk keperluan download aplikasi surat menyurat berbasis web gratis ini diperlukan web server yang mendukung PHP, minimal versi PHP 5.5.x atau di atasnya.  Jika Anda pengguna OS Windows bisa menggunakan XAMPP dengan versi minimal 3.2.1 atau yang lebih baru.

Untuk mendownload aplikasi ini Anda bisa langsung mengunjungi situs di bawah ini:

https://masrud.com/post/aplikasi-manajemen-surat-php-mysqli

Cara instal aplikasi:

  • Pertama Anda harus mendownload source code aplikasi ini.
  • Selanjutnya ekstrak sourcecode tersebut dan akan muncul folder dengan nama ams_native-1.0.2.
  • Anda bisa mengganti nama folder dengan ams.
  • Jika sudah, copy folder ams tersebut dan paste ke dalam folder htdocs.
  • Silahkan buka folder include kemudian edit file config.php.
  • Atur $host, $username, $password, serta $database sesuai dengan yang Anda gunakan.
  • Langkah selanjutnya silahkan buka phpMyAdmin kemudian buat database baru dengan nama ams_native.
  • Jika sudah, silahkan impor database ams_native.sql yang ada di folder database.

Cara menggunakan aplikasi:

  • Silahkan buka browser dan ketik http://localhost/ams/ pada address bar. Jika tidak ada kesalahan maka akan tampil halaman login pada aplikasi.  Anda bisa menggunakan username masrud dan password masrud.com untuk keperluan login.

Cara mengganti password aplikasi:

  • Anda bisa klik nama user pada bagian pojok kanan atas.
  • Silahkan pilih opsi Ubah Password.
  • Selanjutnya akan terbuka halaman ganti password.
  • Masukkan password lama untuk konfirmasi serta password baru kemudian save.

Cara mengganti nama instansi atau industri:

  • Pertama silahkan login ke aplikasi.
  • Buka menu setting kemudian pilih opsi instansi.
  • Silahkan isi data yang dibutuhkan beserta logo yang akan digunakan.

Aplikasi ini tersedia dalam versi lama dan update terbaru Januari 2021, dimana keduanya memiliki beberapa perbedaan seperti berikut:

  • Versi terbaru dilengkapi dengan fitur autocomplete kode dan asal surat masuk, sementara versi lama hanya kode surat masuk saja demikian juga dengan surat keluar.
  • Versi terbaru dilengkapi dengan download lampiran file surat keluar.
  • Tampilan untuk versi terbaru lebih rapi, bersih, mudah digunakan dan responsif.
  • Versi lama kemungkinan ada error dan bugs sementara versi baru tidak.
  • Versi baru kode lebih sedikit dan efektif.
  • Versi terbaru menggunakan database server side rendering.
  • Versi terbaru menggunakan koneksi database PDO sedangkan versi lama MySQLi standar.

3. Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Aplikasi Surat APK

Aplikasi-Surat-Menyurat-Berbasis-Web-Aplikasi-Surat-APK

Aplikasi ini digunakan untuk mengatur berbagai macam surat yang masuk dan keluar yang disertai dengan laporan maupun data dan pengaturan lainnya.  Aplikasi ini biasanya digunakan pada bagian manajemen surat di instansi pemerintahan maupun industri.

Dengan adanya aplikasi ini maka manajemen surat menyurat akan dikelola dengan lebih teratur dan mudah jika dibandingkan dengan pengelolaan secara manual.

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain adalah:

  • Dashboard

Pada bagian ini terdapat penjelasan mengenai profil perusahaan, seperti alamat lengkap serta alamat email perusahaan.

  • Agenda

Pada bagian ini terdapat kalender yang nantinya berguna untuk menetapkan tanggal agenda maupun kegiatan surat menyurat akan dimulai.

  • Surat

Di bagian ini terdapat surat-surat yang masuk maupun keluar.  Anda hanya perlu menginput data dari surat tersebut, seperti misalnya jenis surat, tanggal surat, nomor surat, dll.

  • Laporan

Pada bagian ini Anda akan menemukan dua bagian laporan, yaitu laporan untuk surat masuk serta laporan untuk surat keluar.  Data inilah yang nantinya akan digunakan sebagai referensi pada laporan surat masuk dan surat keluar.

  • Referensi

Pada bagian ini memuat referensi, deposisi, perihal serta jenis surat.

  • Pengaturan

Bagian ini berisi pengaturan dari instansi maupun pengguna.

Untuk menikmati beragam fitur tersebut, Anda hanya perlu download aplikasi surat menyurat berbasis web gratis melalui link di bawah ini:

https://www.mediafire.com/file/lowyp9k13b87abs/Aplikasi_Surat.rar/file

Jika sudah berhasil didownlad dan diinstal, maka Anda bisa segera menjalankan aplikasinya dengan memasukkan data login berupa username:  2014 dan password:  admin.

4. Aplikasi Arsip Surat Menyurat Simara

Aplikasi-Arsip-Surat-Menyurat-Simara

Aplikasi surat menyurat online ini menawarkan beragam fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengarsipkan surat yang masuk maupun keluar.  Selain notifikasi melalu aplikasi, aplikasi ini juga terhubung langsung dengan semua jenis akun email yang terdaftar.

Keunggulan dari aplikasi ini antara lain adalah:

  • Penomoran surat otomatis.
  • Manajemen organisasi sistematis.
  • Disposisi surat secara struktural mudah dipantau.
  • Distribusi surat diarsipkan secara otomatis.
  • Tersedia dalam versi mobile App.

Untuk mendownload aplikasi ini Anda bisa langsung mengunjungi situsnya di https://simara.id.  Pada pelatihan pertama tersedia layanan gratis, dan untuk selanjutnya akan dikenakan biaya tambahan.

5. Aplikasi Arsip Surat Menyurat Berbasis Web

Aplikasi-Arsip-Surat-Menyurat-Berbasis-Web

Program aplikasi surat menyurat ini dibangun menggunakan framework codeigniter dengan tampilan yang cukup simpel dan fitur yang mampu bekerja dengan baik.  Aplikasi ini juga sangat bagus untuk pembelajaran sistem arsip surat menggunakan PHP.

Berikut ini adalah bebarapa fitur yang tersedia dalam aplikasi surat menyuran berbasis web:

  • Pengelolaan atau manajemen surat masuk.
  • Pengelolaan surat keluar.
  • Rekap surat yang masuk dan keluar.
  • Profil

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, dimana programnya bisa dijalankan secara online maupun offline.  Selain itu juga mudah untuk diinstal.

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu download aplikasi surat menyurat berbasis web gratis melalui link di bawah ini:

https://sourcecodeaplikasi.info/download.php?url=http://sourcecodeaplikasi.info/files/HO1be/

Cara instal aplikasi:

  • Silahkan download terlebih dulu source code program arsip surat menyurat.
  • Selanjutnya extract file source code tersebut.
  • Jika menggunakan XAMPP salin folder source code di dalam folder htdocs.
  • Selanjutnya buat database baru pada phpMyAdmin
  • Lakukan setting koneksi database pada folder application/config/database.php dan setting base_url pada file config.php.
  • Silahkan buka program di browser sesuai nama folder pada htdocs atau localhost/nama_web.

6. Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web (Codeigniter)

Aplikasi-Surat-Menyurat-Berbasis-Web-Codeigniter

Aplikasi surat menyurat ini dikembangkan oleh redinaldn dan bisa download secara gratis bagi Anda yang membutuhkan.  Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL.

Aplikasi ini dilengkapi dengan beragam fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan administrasi.  Mulai dari login admin, pengelolaan data surat yang masuk dan keluar, data laporan, data disposisi, pengaturan, dll.

Untuk menikmati aplikasi ini Anda hanya perlu mendownloadnya melalui situs di bawah ini:

https://stokcoding.com/sistem-administrasi-surat-berbasis-web-php

Untuk mendownload aplikasi ini maka diperlukan sistem mendukung berupa database MySQL dan XAMPP/PHP 5.6.

Cara instal aplikasi:

  • Pastikan Anda sudah menginstal XAMPP pada perangkat komputer.
  • Setelah aplikasi berhasil didownload maka silahkan ekstrak file mnggunakan WinRaR.
  • Kemudian copy folder surat dan paste ke folder htdocs.
  • Jika sudah aktifkan menu Apache dan MySQL pada XAMPP.
  • Silahkan buka browser dan buka alamat localhost/phpMyAdmin.
  • Buatlah database baru dengan nama surat.
  • Import database aplikasi ke dalam database surat tersebut.
  • Jalankan aplikasi dan ketik localhost/surat.
  • Login dengan username: admin dan password:

7. Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web E-Office

Aplikasi-Surat-Menyurat-Berbasis-Web-E-Office

E-Office Integra merupakan sebuah aplikasi yang akan memudahkan penggunanya dalam kegiatan administrasi perkantoran di lingkungan instansi pemerintahan maupun industri.  Dengan adanya aplikasi ini maka tugas-tugas adminsitrasi bisa berjalan dengan lebih efektif.

Kelengkapan sistem administrasi sendiri merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam dunia industri maupun pemerintahan.  Adanya perubahan dari sistem manual ke sistem komputerisasi telah memberikan pengaruh yang sangat luar biasa sehingga lebih efisien.

Dengan adanya aplikasi surat menyurat berbasis web ini maka diharapkan berbagai kegiatan administrasi perkantoran bisa berjalan dengan lebih cepat, mudah, transparan, terpadu, akurat, dan aman.

Keunggulan aplikasi E-Office:

  • Proses pengelolaan surat masuk maupun keluar dilakukan dengan lebih mudah.
  • Tracking disposisi surat dan monitoring lebih mudah.
  • Penomoran pada surat dilakukan secara otomatis dan dinamis.
  • Mudah dalam pencarian surat.
  • Lebih menghemat biaya.
  • Tersedia dalam mobile App.
  • Kegiatan administrasi yang terintegrasi.
  • Bisa melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan user.
  • Terintegrasi dengan Google Calender.
  • Memudahkan proses pengarsipan dokumen.
  • Tersedia notifikasi via WA.

Untuk keperluan download dan informasi selengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi situsnya di https://www.integraindonesia.co.id/e-office/.

Dengan melakukan download aplikasi surat menyurat berbasis web gratis di atas, Anda bisa menyelesaikan berbagai macam kegiatan administrasi di kantor secara lebih efektif dan efisien.  Selamat mencoba!

 

Lihat Juga :

The post Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021 appeared first on Kricom.Id.

Itulah tadi ulasan tentang Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021 yang dapat kami sampaikan untuk Sobat pembaca semuanya. Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih karena sudah mengunjungi situs garenggati. blogspot. com dan membaca urian diatas hingga selesai. Semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat menambah wawasan kita semuanya, tertama untuk Anda yang memang sedang mencarinya. Ingat untuk selalu bahagia dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Posting Komentar untuk "√Download Aplikasi Surat Menyurat Berbasis Web Gratis 2021 ~ Garenggati"