Pembahasan: Distribusi adalah ~ Garenggati
Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Pepatah ini memang terlihat sepele, tapi bermakna sangat dalam. Buktinya Anda berhasil menemukan informasi mengenai Distribusi adalah yang sengaja kami hadirkan untuk sobat pembaca semuanya. Disini kita akan mengulasnyya secara lengkap dan menuliskannya dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga akan lebih mudah dalam memahaminya. Oke langsung disimak aja yuk.
Uraian Lengkap Distribusi adalah
Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Distribusi? Mungkin anda pernah mendengar kata Distribusi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi, tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.
Pengertian Distribusi
Barang dan jasa hasil kegiatan produksi dari para produsen tidak dapat dikonsumsi oleh konsumen jika tidak ada peran distribusi. Apa itu distribusi?
Distribusi adalah proses perpindahan atau penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Distribusi merupakan salah satu aspek dari pemasaran sehingga distribusi dapat diartikan juga sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).
Kegiatan distribusi berfungsi mendekatkan produsen dengan konsumen sehingga barang atau jasa yang diproduksi dapat dikonsumsi oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia. Orang atau pihak yang melakukan proses distribusi disebut distributor.
Fungsi Distribusi
Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari distribusi, yakni sebagai berikut:
-
Pembelian Produk
Ialah proses awal dari distribusi yang dibuat oleh produsen. Tetapi, apabila distribusi barang dari produsen dijalankan secara langsung kepada pelanggan, maka proses tersebut tidak berlaku.
-
Klasifikasi Produk
Sesudah proses pembelian barang, terdapat aktivitas klasifikasi barang menurut fungsi dan jenisnya supaya pemasaran dan penghitungan barang menjadi lebih ringan.
-
Promosi Produk
Sesudah barang diklasifikasikan maka akan berlangsung proses promosi barang, yakni memperkenalkan barang tersebut kepada khalayak. Proses promosi barang tersebut bisa dijalankan dengan memasang display produk di etalase toko, iklan di berbagai media dan promosi langsung ke pelanggan.
-
Penyaluran Produk
Ialah kegiatan utama dari distribusi, yakni distribusi barang kepada pelanggan. Proses distribusi harus dijalankan dengan cepat dan tepat, supaya distributor memperoleh laba dari aktivitas distribusi tersebut.
Tujuan Distribusi
Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari distribusi, yakni sebagai berikut:
- Menanggung Kelangsungan Aktivitas Produksi
Proses distribusi yang berjalan dengan baik akan menolong aktivitas produksi. Dengan menjalankan aktivitas distribusi, maka produk yang sudah diperoleh tidak tertahan di gudang produsen, namun berpindah ke tangan distributor.
- Menanggung Produk Sampai ke Pelanggan
Sesuai dengan tujuan utamanya, aktivitas distribusi akan menentukan produk dari produsen bisa sampai ke pelanggan. Proses distribusi tersebut dapat dijalankan dengan cara promosi sampai proses pengiriman barang ke pelanggan.
Jenis-Jenis Distribusi
Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis distribusi, yakni sebagai berikut:
Distribusi Langsung (Direct Channel of Distribution)
Distribusi langsung adalah penyaluran atau penjualan barang yang dilakukan secara langsung oleh produsen ke konsumen yang dilakukan tanpa perantara. Bentuk saluran distribusi langsung dapat dibagi dalam empat, yaitu.
Selling at the point production, yaitu bentukpenjualan langsung dilakukan di tempat produksi. Contohnya petani buah yang melakukan penjualan buah-buahan yang dihasilkan di kebunnya kepada konsumen dan usaha pakaian jadi yang menjual hasil produksinya langsung kepada konsumen di tempat penjahitan.
Selling at the producers retail store, yaitu penjualan yang dilakukan tempat pengecer. Bentuk penjualan ini biasanya produsen tidak melakukan penjualan langsung kepada konsumeja vtetapi melalui/ dilimpahkan kepada pihak pengecer.
Selling door to door, yaitu penjualan yang dilakukan oleh produsen langsung kepada konsumen dengan mengerahkan salesmannya ke rumah-rumah atau ke kantor-kantor konsumen.
Selling through mail, yaitu penjualan yang dilakukan perusahaan dengan menggunakan jasa pos.
Distribusi Tidak Langsung (Indirect Channel of Distribution)
Distribusi tidak langsung adalah penyaluran atau penjualan barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara. Saluran distribusi tidak langsung, khususnya untuk barang konsumsi dibagi beberapa bagian, antara lain:
- Produsen —> Konsumen
Bentuk saluran ini adalah bentuk yang paling pendek dan sederhana sebab tanpa menggunakan perantara. Produsen dapat menjual barang yang dihasilkan melalui pos atau langsung mendatangi rumah konsumen.
- Produsen —> Pengecer —> Konsumen
Dalam saluran distribusi ini produsen menginginkan suatu lembaga lain, maksudnya dalam hal ini pengecer yang menyampaikan peroduknya ke konsumen, di mana pengecer langsung membeli produk tanpa melalui pedagang besar dan menjualnya kembali kepada konsumen.
- Produsen —> Pedagang Besar —> Pengecer —> Konsumen
Jenis saluran distribusi ini dilaksanakan oleh produsen yang tidak ingin menjual secara langsung tetapi menginginkan suatu lembaga guna menyalurkan produknya, sehingga dalam hal ini produsen menjual kepada pedagang besar saja. Kemudian pada pedagang besarlah yang menjual kembali kepada pengecer dan meneruskannya ke tangan konsumen. Jadi di sini produsen hanya berhubungan dengan pedagang besar.
- Produsen—>Agen—>Pedagang Besar —> Pengecer —> Konsumen
Jenis saluran distribusi lainnya yang sering dipakai para produsen adalah dengan melibatkan agen di dalamnya. Di sini agen fungsinya adalah sebagai penyalur yang kemudian mengatur system penjualannya kepada saluran pedagang besar selanjutnya kepada pengecer dan kemudian sampai ke tangan konsumen. Saluran distribusi ini sering dipergunakan untuk produk yang tahan lama.
- Produsen —> Agen —> Pengecer —> Konsumen
Dalam saluran distribusi ini produsen memilih agen yang akan dipertemukan produsen untuk menjalankan kegiatan penjualan kepada pengecer dan selanjutnya pengecer menjualnya kepada konsumen. Pada dasarnya saluran distribusi yang dipakai baik itu agen maupun pengecer tujuannya dalah untuk mendapatkan keuntungan dengan sasaran konsumennya. Agen di sini bertugas mempertemukan pembeli dengan penjual. Agen tidak mengambil alih pemilikan dari barang tersebut.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Distribusi
Berikut ini terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi, yakni sebagai berikut:
- Faktor Barang
Jenis, bentuk, ukuran, sifat dan kemasan barang sangat berpengaruh dalam proses distribusi. Barang dari jenis makanan dan bukan makanan, tentu berbeda proses distribusinya, barang yang mudah rusak dan tahan lama juga tentu berbeda dalam proses distribusinya.
- Faktor Perusahaan
Pengalaman dan kemampuan manajemen serta pengawasan yang dilakukan perusahaan selama proses distribusi tentu akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan distribusi. Ketersediaan dana dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk kegiatan distribusi juga berpengaruh terhadap kelancaran distribusi.
- Faktor Pasar
Jumlah konsumen, letak geografis konsumen, jumlah pesanan dan kebiasaan dalam pembelian dari konsumen di pasar menjadi faktor yang ikut berpengaruh terhadap kegiatan distribusi.
- Faktor Kebiasaan dalam Pembelian
Ada tidaknya perantara, volume pembelian dan biaya penyaluran barang dari produsen kepada kosumen.
- Faktor Jarak Tempuh
Jarak antara tempat produksi dengan konsumen menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran proses distribusi. Jarak tempuh antara Jawa dan Bali serta antara Jawa dan Papua menjadikan proses distribusi barang dan jasa kedua tempat tersebut dari pulau Jawa berbeda.
- Faktor Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih sangat membantu proses distribusi barang dan jasa. Distribusi barang antar Negara, baik impor maupun ekspor, semakin cepat dan mudah dengan bantuan teknologi informasi.
Pelaku Distribusi
Berikut ini terdapat beberapa pelaku dari distribusi, yakni sebagai berikut:
- Pedagang
Pedagang merupakan bagian yang membeli barang dari produsen dan menjualnya kembali ke pelanggan akhir.
- Agen
Agen merupakan perusahaan yang mempunyai kewajiban untuk distribusi barang dari produsen kepada pelanggan.
- Makelar
Makelar merupakan bagian yang menghubungkan produsen dengan calon pembeli suatu produk, baik itu barang maupun jasa.
- Eksportir
Eksportir merupakan bagian yang mendistribusikan barang dari produsen dalam negeri kepada pelanggan yang berada di luar negeri.
- Importir
Importir merupakan bagian yang mendistribusikan barang dari luar negeri kepada pelanggan di dalam negeri.
- Komisioner
Komisioner merupakan bagian yang menjalankan pembelian dan penjualan atas namanya sendiri.
Demikian Penjelasan Materi Tentang Distribusi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Faktor dan Pelaku
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa
The post Distribusi adalah first appeared on PAKDOSEN.CO.ID.
Bagaimana apakah Ulasan Tentang Distribusi adalah sudah cukup untuk mengobati rasa penasaran Anda? Semoga saja demikian adanya. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir ke situs garenggati . blogspot . com serta membaca ulasan diatas hingga selesai. Kedepannya kami akan terus mengupdate artikel pendidikan, materi pelajaran dan informasi menarik lainnya. Untuk itu pantengin terus situs ini, kalau perlu bookmark supaya Anda mudah menemukannya lagi bila suatu saat membutuhkannya. ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Posting Komentar untuk "Pembahasan: Distribusi adalah ~ Garenggati"