Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC ~ Garenggati

14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC - Semangat pagi!! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga senantiasa sehat dan bahagia. Jika belakangan ini ada diantara para pembaca Garenggati yang mungkin sedang mencari informasi mengenai "14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC?" serta belum menemukan jawabannya. Maka keputusan Anda mampir di situs ini sangatlah tepat, sebab kita memang akan mengulasnya.

Mungkin banyak diluaran sana situs lain yang juga membahas tentang 14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC akan tetapi kenapa Anda memilih untuk mampir ke situs ini tentu bukan tanpa alasan bukan? Yang jelas kami ucapkan selamat datang untuk sobat pembaca semuanya. Baiklah tanpa berpanjang kata lagi yuk langsung disimak saja ulasanya dibawah ini:

Pembahasan Lengkap 14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC

Cara Compress/Kompress Foto – Kamera HP dengan resolusi tinggi memang mampu menghasilkan gambar yang bagus.  Namun di sisi lain, resolusi yang tinggi juga berpengaruh pada besarnya ukuran file yang membuat kapasitas HP lebih cepat penuh.  Sebagai solusinya Anda harus mengetahuicara compress foto yang tepat.

Selain bisa menghemat kapasitas HP, memperkecil ukuran file foto juga sering diperlukan ketika Anda diharuskan untuk mengirim file foto dalam ukuran tertentu.  Lalu bagaimana cara mengompres foto yang benar dan praktis?  Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Cara Compres Foto di HP dengan Aplikasi

Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi kompres foto yang akan memudahkan Anda untuk memperkecil ukuran file foto sesuai kebutuhan.  Anda hanya perlu mencarinya dengan mengetik kata kunci “compress image” dan selanjutnya akan muncul berbagai macam aplikasi dengan fitur tersebut.

Dari banyak pilihan aplikasi compress foto yang ada, Anda harus jeli dalam memilih.  Sebagai bahan pertimbangan, Ada perlu melihat rating dari aplikasi tersebut dan bagaimana review para pengguna yang sudah mendowload aplikasi tersebut.

Untuk aplikasi compress foto yang bagus dan praktis, kami merekomendasikan beberapa aplikasi berikut ini:

1. Photo Compress & Resize

Photo-Compress-Resize

Aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store dengan ukuran yang cukup kecil, yaitu 3,2 MB saja.  Rating aplikasi ini juga sangat bagus dan sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.  Aplikasi ini berfungsi untuk mengubah ukuran foto dari MB menjadi KB dengan praktis.

Cara compress foto dengan aplikasi ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduhnya di Play Store dan menginstalnya di HP.  Setelah itu buka aplikasi dan Anda bisa memilih foto yang akan dikompress dengan ukuran yang diinginkan.

2. QReduce Lite:  Compress Image Size in KB & MB

QReduce-Lite-Compress-Image-Size-in-KB-MB

Cara mengecilkan ukuran foto di HP selanjutnya bisa menggunakan QReduce Lite:  Compress Image Size in KB & MB.  Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dan memiliki ukuran yang cukup ringan.

Aplikasi ini mudah untuk digunakan dan dapat mendukung foto dengan format jpg, jpeg, dan png.  Untuk memperkecil ukuran foto, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstalnya di HP.  Selanjutnya buka aplikasi dan pilih foto yang akan dikompres sesuai kebutuhan Anda.

3. Photo & Picture Resizer

Photo-Picture-Resizer

Aplikasi yang bisa diunduh di Play Store ini menyediakan berbagai macam fitur yang cukup lengkap dengan pilihan yang cukup beragam.  Anda hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasinya di HP.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan kompres pada beberapa foto sekaligus dengan cara menandai foto yang akan diperkecil.  Fitur ini membuat Anda lebih cepat untuk memperkecil ukuran file foto yang diinginkan dalam jumlah yang banyak.

4. Kompres Foto by Lit Photo

Kompres-Foto-by-Lit-Photo

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengecilkan ukuran file foto menjadi 200 KB atau bahkan di bawahnya.  Anda bisa mengoptimalkan gambar dengan keseimbangan kualitas dan ukuran file.

Aplikasi ini menggunakan teknik kompres smart lossy yang akan secara selektif mengurangi jumlah warna pada gambar sehingga hanya membutuhkan sedikit byte untuk menyimpan.  Aplikasi ini menyediakan tiga fitur utama yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Fitur tersebut adalah Compress Photo, Resize Photo dan Crop Photo.  Untuk keperluan kompres foto maka Anda bisa memilih Compress Photo.  Selanjutnya Anda hanya perlu memilih file foto yang akan diperkecil ukurannya.

Pada halaman Compress Options Anda bisa mengatur size dan juga kualitas foto yang diinginkan.  Jika sudah selesai tap tombol Start Compressing dan proses kompres pun akan dilakukan secara otomatis.  Foto tersebut kemudian akan tersimpan di perangkat HP.

5. Photoczip – Compress Resize

Photoczip-–-Compress-Resize

Aplikasi ini bisa digunakan untuk kompres foto 200kb dengan cara yang mudah dan cepat.  Aplikasi yang dikembangkan oleh Eson Yu ini bisa Anda unduh secara gratis di Play Store dan tersedia versi Lite bagi Anda yang membutuhkan.

Setelah berhasil diunduh dan diinstal di HP, Anda hanya perlu membukanya untuk mengompres foto yang diinginkan.  Seperti aplikasi kompres foto lainnya, cara untuk memperkecil ukuran file foto dengan aplikasi ini juga cukup mudah.

Anda bisa memilih foto yang akan dikompres dengan cara menandai foto dan kemudian tap tombol kompres.  Anda juga akan diminta mengatur dimensi dan kualitas gambar.  Jika sudah tinggal tap tombol OK dan file akan tersimpan dalam format .ZIP.

6. Photo Resizer

Photo-Resizer

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran file foto hingga 200 KB atau 100 KB hanya dengan menggunakan perangkat HP.  Cara untuk memperkecil ukuran fotonya pun cukup sederhana karena tampilannya memang user friendly.

Jika aplikasi sudah didownload dan diinstal di Play Store Anda bisa langsung menggunakannya untuk mengompres foto. Anda cukup menambahkan foto yang ingin dikompres dan kemudian akan diarahkan untuk memilih ukuran yang tersedia.

Jika proses kompres foto sudah selesai, maka Anda bisa langsung membagikannya di media sosial atau mengirimnya langsung ke email Anda.

7. Photo Compress 2.0

Photo-Compress-2.0

Meskipun tampilannya cukup sederhana, namun aplikasi buatan Saawan Apps ini mampu menghasilkan foto kompres yang cukup baik.  Aplikasi ini juga bebas iklan sehingga sangat cocok untuk Anda yang sering merasa terganggu dengan munculnya iklan di aplikasi.

Seperti aplikasi kompres foto sebelumnya, Photo Compress 2.0 juga bisa Anda download di Play Store.  Jika sudah berhasil di download dan diinstal, selanjutnya akan muncul tiga menu utama yaitu Gallery, Camera dan Compress & Resize Multiple Photo.

Jika foto yang ingin dikompres sudah ada di galeri maka Anda tinggal tap pada menu galeri dan memilih foto sesuai keinginan.  Namun jika belum ada, Anda bisa tap menu Kamera dan mengambil foto untuk selanjutnya dikompres sesuai kebutuhan.

Foto yang Anda pilih nantinya akan terlihat ukurannya.  Anda hanya perlu tap Compress sesuai ukuran yang diinginkan dan selanjutnya foto akan dikompres secara otomatis.  File foto akan tersimpan di memori smartphone.

Cara Compress Foto tanpa Aplikasi secara Online

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa memperkecil ukuran file foto dengan layanan online yang disediakan oleh beberapa situs web.  Cara ini sangat praktis dan mudah karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi kompres foto.

1. Compress JPEG

Tools online ini bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran file foto dengan cara yang mudah dan praktis.  Anda hanya perlu membuka webnya dan menggunakannya sesuai kebutuhan.  Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi websitenya di https://compressjpeg.com/.
  • Selanjutnya Anda akan ditunjukkan tiga tab, yaitu JPEG, PNG dan PDF. Silahkan pilih tab JPEG untuk mengecilkan ukuran foto.

Selanjutnya-Anda-akan-ditunjukkan-tiga-tab-yaitu-JPEG-PNG-dan-PDF.-Silahkan-pilih-tab-JPEG-untuk-mengecilkan-ukuran-foto

  • Untuk menambahkan file foto, silahkan klik tombol Upload Files atau bisa juga dengan menyeret file foto ke dalam box yang tersedia.
  • Jika file foto sudah ditambahkan maka secara otomatis akan dilakukan proses kompres foto.
  • Sebelum mengunduh file hasil kompres tersebut Anda bisa mengatur ukuran dan kualitas file foto dengan cara klik thumbnail.
  • Untuk mengunduh semua file foto yang dikompres Anda bisa langsung klik tombol Download All.

2. Imgonline

Cara compress foto secara online selanjutnya bisa menggunakan Imgonline dengan beberapa pilihan ukuran yang tersedia.  Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Pertama Anda harus mengunjungi situsnya menggunakan HP atau PC di https://www.imgonline.com.
  • Selanjutnya di halaman utama akan terlihat beberapa fitur yang bisa Anda pilih. Untuk kompres foto silahkan klik menu Compress.
  • Jika sudah berada di halaman Compress, Anda bisa pilih opsi “Choose File”.

Jika-sudah-berada-di-halaman-Compress-Anda-bisa-pilih-opsi-Choose-File

  • Selanjutnya akan muncul jendela baru dan silahkan cari file foto yang akan dikompress.
  • Kemudian pada bagian Compression Settings for JPG File, Anda bisa memilih Size reduction megapixels 20% atau 30% sesuai kebutuhan. Tapi jika ingin ukuran yang lebih kecil lagi, silahkan pilih size 60%.
  • Setelah selesai pada bagian setting maka Anda bisa langsung klik tombol Ok dan proses kompres foto pun akan dimulai.
  • Jika proses sudah selesai maka akan muncul halaman baru yang memperlihatkan ukuran file foto sebelum dan sesudah dikompres.
  • Langkah terakhir, silahkan download foto yang sudah dikompres dengan cara klik “Download processed image”.

3. TinyJPG.com

Seperti dua tool sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan TinyJPG untuk memperkecil ukuran foto tanpa perlu menginstalnya di HP atau PC.  Jenis tool ini banyak digunakan untuk mengecilkan ukuran foto artikel pada platform WordPress.  Caranya adalah seperti berikut:

  • Silahkan buka situs TinyJPG di perangkat HP atau PC Anda di https://tinyjpg.com.
  • Di halaman pertama situs ini akan langsung terlihat fitur utama TinyJPG.
  • Anda hanya perlu klik pada area Drop your.png or.jpg file here!

Anda-hanya-perlu-klik-pada-area-Drop-your.png-or.jpg-file-here

  • Kemudian akan muncul jendela baru untuk mengambil foto yang akan dikompres di HP atau PC.
  • Tools online ini memungkinkan Anda untuk mengupload foto dalam jumlah 20 file sekaligus dengan ukuran masing-masing tidak lebih dari 5 MB.
  • Jika foto sudah berhasil diupload maka secara otomatis akan dikompres sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Silahkan tunggu prosesnya hingga selesai dan Anda bisa langsung mendownload hasil kompresannya.

4. Toolur.com

Anda juga bisa menggunakan Toolur.com sebagai alternatif untuk mengecilkan ukuran file foto di HP maupun PC secara online.  Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi halaman situsnya di https://compressimage.toolur.com/.
  • Selanjutnya silahkan klik tombol Upload Images untuk mengunggah file foto yang akan diubah ukurannya.

Selanjutnya-silahkan-klik-tombol-Upload-Images-untuk-mengunggah-file-foto-yang-akan-diubah-ukurannya

  • Jika upload foto sudah berhasil maka Anda bisa mengatur kualitas pada hasil kompres dengan cara setting di bagian Image Quality sesuai kebutuhan. Namun biasanya kurang dari 70%.
  • Jika setting kualitas foto sudah selesai, selanjutnya silahkan pilih tombol Compress Image dan akan muncul keterangan pada foto yang sudah dikompres.
  • Jika kompres foto sudah selesai maka Anda bisa langsung klik tombol Download untuk menyimpan foto hasil kompres tersebut.

5. Image Compressor

Cara compres foto secara online ini bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran foto di HP maupun PC sesuai kebutuhan.  Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Pertama silahkan buka situsnya di https://imagecompressor.com/id/.
  • Selanjutnya klik opsi Unggah File yang terdapat di tengah layar.
  • Pilih foto yang akan dikompres atau bisa juga dengan melakukan drag and drop foto langsung dari file manager browser.
  • Tools online ini memungkinkan Anda untuk mengunggah hingga 20 file foto sekaligus.

Tools-online-ini-memungkinkan-Anda-untuk-mengunggah-hingga-20-file-foto-sekaligus

  • Foto yang sudah diunggah akan secara otomatis dikompres.
  • Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa langsung mengunduh foto yang sudah dikompres tersebut.
  • Jika ukurannya belum sesuai maka Anda masih bisa mengubahkan dengan scroll ke bawah dan mengubah level kompres yang diinginkan.
  • Anda akan diperlihatkan versi foto yang belum dikompres dan yang sudah dikompres.
  • Di sebelahnya terdapat slider indikator kualitas foto yang bisa Anda naikkan atau turunkan sesuai kebutuhan.
  • Namun jika semua ukurannya sudah sesuai dengan keinginan Anda, maka tinggal klik Unduh Semua untuk menyimpan foto tersebut di HP atau PC.

Cara Compress Foto di PC Windows

Bagi Anda yang ingin memperkecil file foto di PC Windows, Anda juga bisa melakukannya tanpa perlu menggunakan tool online dengan cara seperti berikut ini.

1. Photos

Jika Anda ingin memperkecil ukuran file foto sementara tidak sedang terhubung dengan internet, maka bisa melakukan kompres foto melalui aplikasi Photos yang merupakan aplikasi bawaan Windows.  Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Pertama silahkan cari file foto yang akan dikompres di file manager.
  • Jika sudah klik kanan pada foto tersebut dan pilih opsi Open With di menu, selanjutnya pilih opsi Photos.
  • Jika foto sudah terbuka di Photos, Anda bisa klik pada tiga titik di sisi kanan atas layar.
  • Setelahnya akan muncul drop down menu, dan Anda bisa klik Resize.

Setelahnya-akan-muncul-drop-down-menu-dan-Anda-bisa-klik-Resize

  • Selanjutnya silahkan pilih ukuran yang Anda inginkan untuk memperkecil file foto.
  • Ada tiga pilihan, yaitu Small, Medium, Large, tentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda.
  • Jika sudah akan muncul Window Save As untuk menyimpan foto yang dikompres.
  • Silahkan pilih folder untuk menyimpan sesuai keinginan dan Save.

2. Fileminimizer Picture

Aplikasi berbasis Windows ini bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran file foto secara gratis di PC.  Bahkan bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file hingga 80% dari ukuran file foto aslinya.

Aplikasi ini menyediakan 4 pilihan preset yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu Strong Compression, Standart Compression, Low Compression dan Custom Compression.  Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda bisa menggunakan Standart Compression.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengompres foto menggunakan Fileminimizer Picture:

  • Langkah pertama silahkan Anda download dulu software Fileminimizer Picture melalui situs resminya di https://www.balesio.com/fileminimizerpictures/eng/download.php.
  • Jika sudah berhasil didownload Anda bisa langsung menginstalnya di PC dan jalankan software tersebut.
  • Klik menu Open Files pada aplikasi untuk menambahkan foto yang akan diperkecil ukurannya.
  • Selanjutnya silahkan atur jenis dan kebutuhan hasil foto pada bagian Compression Setting.
  • Jika Anda ingin mengecilkan foto untuk kebutuhan web atau email, maka Anda hanya perlu menggeser slider ke bagian web atau email.
  • Anda juga bisa menentukan sendiri ukuran file yang diinginkan dengan cara mencentang Custom Compression dan klik tombol setting.
  • Jika semua sudah Anda setting dengan benar, selanjutnya silahkan klik tombol Optimize File untuk memulai proses compress.

Jika-semua-sudah-Anda-setting-dengan-benar-selanjutnya-silahkan-klik-tombol-Optimize-File-untuk-memulai-proses-compress

  • Setelah proses kompres foto selesai, Anda bisa langsung mengirimkannya ke email atau melihat hasilnya dengan cara klik tombol View File.

Dengan mengetahui cara compres foto di atas, Anda bisa dengan mudah mengubah ukuran file foto sesuai kebutuhan.  Anda pun bisa menyesuaikannya dengan perangkat yang digunakan, baik di HP maupun di PC.  Selamat mencoba!

 

Lihat Juga :

The post 14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC appeared first on Kricom.Id.

Itulah tadi ulasan tentang 14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC yang dapat kami sampaikan untuk Sobat pembaca semuanya. Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih karena sudah mengunjungi situs garenggati. blogspot. com dan membaca urian diatas hingga selesai. Semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat menambah wawasan kita semuanya, tertama untuk Anda yang memang sedang mencarinya. Ingat untuk selalu bahagia dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Posting Komentar untuk "√14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC ~ Garenggati"